Rabu, 15 Desember 2010

Tugas 3. Pengantar teknologo Informasi

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
TAGAS 3
PIRANTI KOMPUTER:
a.Piranti Masukan ( Input device ), merupakan perangkat keras computer yang ,ruemungkinkan masukan data ke dalam sistem computer . Data berupa huruf, gambar , suara, Audio video, data bahkan gerakan. Input adalah energi yang dimasukan dalam suatu sistem, Input ini sendiri dapat berupa input atau Mantanace input. Signal input adalah energy olah oleh sistem,Mantance input adalah energy yang akan digunakan untuk mengolah signal
b. Piranti Keluaran ( Ouput device ), adalah piranti yang dapat menampilkan hasil pengolahan data atau perintah pada computer . Berdasarkan hasil keluaranya piranti keluaran dapat digolongkan menjadi : Sofcopi: menghasilkan keluaran yang berupa tampilan pada monitor atau berupa suara.
Pendahuluan Piranti computer :
• Kondisi lingkungan
• Yang harus dipertimbangkan saat memilih piranti : Keselamatan kerja
• Variasi dalam tugas
• Hubungan dengan pekerjaan lain.

Perlu diperhatikan karakteristik pengguna karena pengguna dapat bervariasi dalam pengetahuan , keterampilan , pengalaman , budaya dan gender.Perlu disesuaikan antara teknologi , pengguna kerja yang diinginkan , dan lingkungan kerja cocok dengan karakteristikpengguna , keahlian , dan training yang pernah dilakukan.
Benda – benda yang termasuk Piranti masukan ( Input device ) adalah :
• Mause
• Key board
• Stik game
• Monitor
• Handy cam
• Camera

Piranti masukan berhubungan dengan Proses perekaman dan pemasukan data ke dalam sistem computer dengan cara atau mekalismenya member perintah ke computer agar dapat berinteraksi dengan sistem computer secara efektif pengguna mampu mengkomunikasikan keinginannya dengan cara yangdapat dimengerti sistem computer
Salah satu kunci untuk membantu pemilihan piranti masukan dan memutuskan bagaimana akan digunakan untuk mengendalikan suatu kejadian dalam sistem adalah dengan membantu pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan nya dengan Aman , Efektif , Efesien dan Menyenangkan.
Pemilihan piranti masukan harus kontribusi positif terhadap pengguna sistem. Sacara umum piranti masukan yang paling tepat akan memenuhi salah satu factor :
• Cocok yang karakteristik pengguna , keahlian dan training yang pernah dilakukan .
• Sesuai dengan tugas yang akan dilakukan.
• Sesuai dengan maksud pekerjaan dan lingkungannya.
Dalam praktek tidak ada satu piranti masukan yang dapat memenuhi semua kebutuhan. Dibutuhkan lebih dari satu piranti masukan agar saling melengkapi misalnya Keyboard dan maose secara umum :
• Mudah digunakan
• Bentuknya orgonomis
• Mempunyai sistem umpan balik yang baik.
Panduan Memilih Piranti:
• Pertimbangkan karakteristik dari User sekarang dan masa dating.
• Cocokan karakteristik piranti masukan terhadap persaratan yang diminta.
• Pertimbangkan penelitian sebelumnya dan unjuk kerja User.
• Ujilah piranti masukan dalam uji kerja .
• Optimumkan sifat sifat piranti yang mudah dimodifikasi.
Pemilihan Piranti ( yang sesuai dengan jenis pekarjaan.
Jenis Pekerjaan Piranti yang cocok
Masukan Numerik Tombol numerik
Masukan Teks Alphano merik Keyboard(QWERTY)
Seleksi Objek Mouse, joystick, stickball, ligh pen
Minipulasi Objek Mouse, joystick, stickball, ligh pen
Tracking ( alur ) Mouse , ligh pen.

Kategori Piranti Masukan :
Input Device :
• Keyboard
• Audio : Sound, automatic speec recognition ,touchtone.
• Pointing; Mouse (and pen mouse), Tracball, pointing stck,touch sceen,lighpen
• Scenning:Formated: Barcode reader, Macnitic inkchamekter recognition,Optival mark recognition, optical character recognition.
• Unformated : Dedicart: Automated teller macline,Point , sale , system,
Keyboard :
• Salah satu piranti Input yang paling utama untuk berinteraksi dangan sistem Komputer dan terbaik untuk masukan berbentuk teks .
• Kelemahan : Untuk melaksanakan pekerjaan berbentuk pilinan . Keyboard lebih lambat , kurang akurat dan kurang disukai pengguna dibandingkan piranti lainnya. Tombol pada keyboard dikelompokan menjadi 4 bagian : Tombol berfungsi ( Function feukey ), tombol alphanumerick, Alphanumatic key, Tombol control ( control key ) dan tombol numeric ( numeric key)
Keyboard QWERTY :
• Didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah letaknya , sehingga bias meminimalkan kemacetan pada mengetik .
• Umumnya orang sudah Familiar dengan lay out keyboard yang disebut denga QWERTY yaitu susunan huruf tombol kiri atas .
• Pertama kali digunakan pada mesinketik di USA tahun 1874.
Audio :
• Mikropon:Prinsip kerja mikropon adalah pengubahan variasi tekanan udara
• Automatic speech regocnation ( ASR ) : Sistem SR dapat menggali masukan berupa kata- kata dalam kalimat , sistem ini memiliki : penganalisis , pengklasifikasi dan pemprosesan bahasa.
Pointing Devices
• Piranti ini dapat digunakan untuk menunjuk suatu titik atau jalur.
• Piranti petunjuk ini meliputi :joystick, truckballs dan mouse.
• Piranti petunjuk merupakan piranti masukan kontinyu, meskipun mouse dianggap sebagai piranti kontinyu dan diskret ( dengan menekan tombol mouse.
Mouse
• Sebuah mouse menggabungkan dua operasi penting berbasis layar :
1. Kemampuan menggerakan kursor
2. Kemampuan memiliki suatu obyek pada layar ke dalam satu piranti.
• Gerakan mouse pada gerakan datar menentukan geraka kursor pada layar.Mouse umumnya mempunyai 1 sampai dengan 3 tombol pada bagian atas untuk pilihan obyek.
Joystick
Gerakan kusor pada joystick dikendalikan pada sebuah tuas yang ditanamkan pada sebuah alas. Sifat joystick adalah :
• Membutuhkan tempat yang sedikit.
• Tidak mengganggu layar.
• Harganya murah sehingga banyak digunakan pada permainan computer.
Stakball
1. Dilukiskan sebagai gabungan dari joystick dan mouse , dan terdiri atas dasar tepat , yang menyangga sebuah bola , User hanya menggerakan bola untuk memindahkan kursor.
2. Sifat trackball :
• Mudah dipelajari
• Membutuhkan sedikit ruangan ( seperti joysick )
• Salah satu piranti penuding yng terefisin ( dalam hal ketepatan dan kecepatan )

)
Light Pen
1. Merupakan pena yang membangkitkan Informasi ketika ditudingkan pada layar. Ketika light pen ditudingkan pada tampilan CRT , sebuah lensa mempokuskan setiap cahaya yang dipancarkan dari layar menuju sebuah detector cahaya atau photocell.
2. Permasalahan pada Light pen
• Pena dapat mengganggu layar
• Gampang rusak atau patah
• Melelahkan tangan.
Digitizing Tablet
Tauch Sceen
Multi Touch Interaktion
Scanner
• Merupakan Piranti yang dapat mengambil masukan data gambar ,Foto , juga tulisan tangan
• Hasilnya kemudian diubah menjadi isyarat digital dan dapat disimpan didalam dish.
Alternatif Input devices
• Digital kamera
• Digital Conferencing
• Digital Camera
• Web Cam
Vitual RealityClove
Piranti keluar (output devices )


Visual Dispay sistem
• Vidio adapter – responsible for video quality
• Monitor – Displays the video adedtens output.
Monitor: -

Monitor : LCD Monitor : CRT


Printer :









LCD ( Liquid Cristal Display )



Impace printer: Non Impact Printer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar