Jumat, 26 November 2010

TUGAS 1 (SEJARAH TEKNOLOGI INFORMASI)

SEJARAH TEKNOLOGI INFORMASI

1. Pengertian Teknologi Informasi
a. Menurut Haag dan Keen (1996)
Seperangkat alat yang membantu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
b. Menurut Martin (1999)
Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirikan informasi.
c. Menurut Willams dan Sawyer (2003)
Teknologi yang menggabungkan computer dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data , suara dan video
Jadi Teknologi informasi mencakup gabungan antara Teknologi Komputer dan Teknologi Komunikasi
2. Perkembangan Teknolagi Informasi
Pada awal sejarah , manusia bertukar informasi melalui bahasa , maka bahasa adalah teknologi. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain.
Selanjutnya teknologi menyampaikan informasi berkembang melalui gambar , dengan gambar jangkauan informasi bias terjangkau.
Kemudian teknologi percetakan, memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio , tv, computer mengakibatkan informasi menjdi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.
3. Peran dan Manfaat Teknologi Informasi
Manfaat yang secara langsung berpengaruh terhadap prifibilitas organisasi /pengusahaan seperti penghematan biaya danpeningkatan pendapatan (Berwujud)
Manfaat positif yang diperoleh perusahaan dengan pemanfaatan teknologi informasi , namun tidak memiliki korelasi secara langsung dengan proyetabilitas organisasi ( Tak terwujud )
Fungsi Teknologi Informasi yaitu Menangkap, Mengolah, Menghasilkan, Menyimpan, Mencari kembali, Melakukan transaksi.
4. Pengelompokan Teknologi Informasi
Teknologi komunikasi------------------------------Teknologi perangkat kendali Teknologi masukan--------------------------------------Teknologi penyimpanan Teknologi keluaran---------------------------------------Teknologi mesin proses Teknologi Masukan :Teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukan ke dalla perantuam sistem computer ( kaybood dan mouse ) Teknologi Keluaran Teknologi yang berhubungan dengan segala peranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahan sistem (monitor dan plialr ) .Teknologial Proses ( central processing ) Teknologi perangkat lunak digunakan: Program adalah deretan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan Computer ( Microsoof office ) Teknologi Penyimpan memori internet dan memori exsternal
5. Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi
A. Menurut Fungsi dan sistem:
1. Embeded it system. Ex:sistem VCR(Vidio Casette Recorder )
2. Dedi cetet IT system : Ex sistem ATM khusus untuk melakukan transaksi keuangan bagi nasabah Bank.
3. General Porpose IT system : Ex personal computer ( PC )yang dapat digunakan di mana saja.
B. Menurut ukuran:
1. Informasi yang dapat ditampung.
2. Kemampuan sistem yang ditawarkan.
3. Kecepatan memproses.
4. Jumlah orang yang menggunakan sistem bersamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar